Kenali Gejala Hernia dan Penyebabnya

Hernia merupakan penyakit yang serinng ditemui di Indonesia. penyakit hernia disebabkan oleh keadaan suatu jaringan yang tidak normal. Adanya kelemahan pada suatu jaringan sehingga menyebabkan terganggunya sistem organ yang ada dalam tubuh. Hernia memiliki beberapa gejala yang bisa Anda jadikan untuk mengenali kondisi tersebut. Selain itu, terdapat pula beberapa penyebab yang bisa menimbulkan seseorang terkena hernia.

Kenali Gejala Hernia dan Penyebabnya

Penyebab Seseorang Mengalami Hernia

  1. Adanya faktor usia

Seseorang yang memiliki usia lanjut terkadang akan mengalami berbagai gangguan yang bisa menyebabkan terjadinya hernia. Hal ini bukan merupakan kesalahan atau pun kecelakaan. Usia lanjut bisa memberikan pengaruh pada keadaan otot atau jaringan yang mengalami pelemahan. Sehingga hernia bisa terjadi karena hal tersebut.

  1. Seseorang yang mengalami batuk kronis

Bagi Anda yang saat ini masih saja menyepelekan batuk, patut waspada. Batuk yang ringan jika tidak segera diatasi dapat menimbulkan batuk kronis. Batuk secara terus menerus bisa mengakibatkan gangguan pada otot dan juga saraf. Sehingga hal tersebut bisa menjadi pemicu terjadinya hernia.

  1. Terjadi suatu cedera

Cedera yang timbul akibat operasi terutama dibagian perut dapat menjadi alasan kuat atau penyebab kuat terjadinya hernia.

Gejala Hernia

Untuk mengetahui apakah orang tersebut terkena hernia, maka berikut ini merupakan gejala yang timbul akibat hernia.

  1. Adanya rasa nyeri

Rasa nyeri ini timbul apabila orang tersebut mengangkat atau melakukan hal yang berat. Umumnya hernia dapat berwujud benjolan. Benjolan ini tidak merasa sakit. Namun, jiak mengalami kerja yang berat, maka benjolan seperti meradang dan menimbulkan rasa nyeri yang sangat parah. Bahkan karena parahnya, Anda jadi tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

  1. Benjolan membesar

Awalnya seseorang yang mengidap hernia akan mengalami benjolan kecil. Namun, seiring berjalannya waktu akibat beberapa faktor, benjolan hernia bisa menjadi besar. Jika tersu dibiarkan atau tidak dilakukan penanganan yanng sesuai, benjolann bisa membesar. Jika benjolan membesar, maka rasa nyeri yang di timbulkan juga sangat parah. Tentu hal ini akan sangat mengganggu.

  1. Pada bagian selangkangan mengalami benjolan

Gejala yang satu ini merupakan gejala pasti tubuh mengalami hernia. Pada bagian selangkangan, timbul benjolan kecil yang terkadang nyeri dan terkadang tidak berasa. Jika hal ini dibiarkan atau tidak di tindak lanjuti, maka akan mendatangkan gangguan yang lebih besar. Bahkan, bisa berakibat lebih fatal.

Bebrapa gejala tersebut merupakab gejala yang timbul akibat hernia. Untuk menyikapi hal tersebut, melakukan pengobatan dengan segera merupakan salah satu cara agar hernia tidak menjadi bertambah para dan bisa teratasi.

Baca Juga: 6 Penyebab Saraf Kejepit dan Gejalanya

Proses Pengobatan Hernia

Hernia merupakan gangguan pada sistem organ akibat adanya jaringan otot yang tidak normal. Apabila seseorang sedang mengalami sakit hernia, maka penyembuhan secara intensif harus segera di upayakan. Agar hernia bisa ditangani dengan cepat. Jadi, bagi Anda yang mengalami hernia saat ini, tak perlu khawatir, karena hernia merupakan jenis penyakit yang bisa disembuhkan.

Seperti dengan apa yang tercantum dalam hadis nabi sebagai berikut,

ﻋﻦ ﺟﺎﺑﺮ، ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ: ” ﻟﻜﻞ ﺩﺍء ﺩﻭﺍء ﻓﺈﺫﺍ ﺃﺻﻴﺐ ﺩﻭﺍء ﺍﻟﺪﺍء ﺑﺮﺃ ﺑﺈﺫﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ

Artinya, “Dari Jaabir, dari Rasulullah shallallaahu‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Setiap penyakit itu pasti ada obatnya. Seandainya obat itu sudah mengenai penyakit, niscaya akansembuh dengan ijin Allah ta’ala”.  [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2204, Ahmad 3/335, Abu Ya’laa no. 2036, Ibnu Hibbaan no. 6063, Ibnu Mandah dalam At-Tauhiid no. 110, Al-Haakim 4/401, Al-Baihaqiy 9/343, dan yang lainnya].

Salah satu metode yang ternyata dapat digunakan untuk upaya penyakit hernia adalah metode terapi. PAZ Indonesia telah menggunakan metode terapi untuk mengatasi hernia. Metode terapi yang digunakan adalah metode khusus. PAZ juga memiliki beberapa metode yang bisa digunakan untuk melakukan perawatan dan upaya penyembuhan untuk jenis penyakit lainnya. Anda bisa mampir ke klinik PAZ untuk konsultasi.

Mau mengikuti pelatihan paz? Silahkan lihat jadwal paz terdekat ke dikotamu, chek di : https://pazindonesia.com/pelatihan/

Ada yang Ditanyakan? Atau Paling Tidak, Apa Inspirasi yang Didapat?

Your email address will not be published. Required fields are marked *