Inilah Sebabnya Leher Kaku Saat Bangun Tidur

Apakah Anda pernah merasakan kaku pada leher saat bangun dari tidur? Tentu saja hal seperti ini akan membuat Anda kurang bersemangat dan mengganggu aktivitas Anda terutama jika sakit leher tersebut lama hilangnya.

Ada banyak orang yang pernah merasakan kaku leher saat bangun namun tidak banyak yang tahu pasti apa penyebabnya. Nah simak di bawah ini, jawaban untuk semua pertanyaan Anda.

Kesalahan Penggunaan Alas Kepala

Pernahkah Anda menggunakan alas kepala yang salah? Entah itu bantal maupun guling. Alas kepala yang salah adalah alas kepala yang keras, dan terlalu tinggi. Ini membuat aliran darah Anda tidak mengalir dengan baik bahkan tidak bisa mengalir lancar ke kepala. Ini yang membuat kepala Anda sakit dan leher yang tidak lurus saat tidur akan terasa kaku di pagi hari.

 

Posisi Tidur yang Kurang Benar

Sebaiknya agar leher tidak kaku saat bangun adalah usahakan agar kepala lebih tinggi sedikit dibanding kaki. Ini akan mempermudah alirah darah ke otak. Selain itu, posisi seperti ini akan membuat Anda menjadi lebih segar saat bangun dari tidur.

 

Adanya Riwayat Cedera

Penyebab paling umum terjadi adalah saat Anda memiliki riwayat cedera di bagian leher karena kejadian di masa lalu. Ini bisa membuat leher Anda kaku saat bangun tidur. Jadi sebaiknya gunakan bantal yang sudah disiapkan khusus bagi orang seperti Anda. Pilihlah bantal yang lembut dan mampu menyesuaikan dengan lekuk leher Anda. Ini akan membuat Anda jauh lebih nyaman dan bangun dengan kondisi yang segar.

Baca juga: Inilah Penyebab Hidung Sering Gatal

Gerakan Secara Mendadak

Hindari melakukan gerakan secara mendadak saat tidur. Gerakan mendadak bisa bahaya untuk tubuh dan leher Anda. Tidak hanya leher, bagian kaki dan juga tangan juga rentan mengalami masalah nyeri dan inflamasi saat tidur.

 

Gerakan mendadak selain membuat tubuh Anda mengalami kram, Anda juga bisa mengalami kaku badan saat bangun.

 

Mengalami Kondisi Medis Lainnya

Tanpa Anda sadari, ada beberapa hal lain yang menyebabkan leher Anda kaku saat bangun tidur. Ini bisa saja disebabkan oleh kondisi medis lainnya yang jarang orang ketahui. Coba perhatikan, mungkin Andalah salah satu orang yang merasakan kondisi di bawah ini.

 

  • Kegiatan yang sangat padat membuat Anda harus ekstra beraktivitas dan membuat tubuh Anda lelah. Bahkan saat Anda bekerja ekstra Anda akan merasakan tekanan yang cukup besar di bagian leher. Nah keadaan seperti inilah yang membuat leher Anda kaku saat bangun keesokan harinya.

 

  • Apakah Anda salah seorang yang bekerja lebih banyak duduk di depan komputer? Nah, Anda tentu sangat berisiko terkena leher kaku. Bahkan tidak hanya leher, tapi juga bagian punggung Anda.

 

  • Mengalami kondisi osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kondisi seperti ini sangat rawan mengalami patah tulang di bagian tulang punggung hingga ke leher. Inilah mengapa Anda harus sangat berhati-hati terutama saat Anda tidur. Perhatikan jika Anda merasakan nyeri di bagian leher.

 

  • Kondisi medis terakhir adalah saat Anda mengalami masalah saraf terjepit. Terutama di bagian belakang leher. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan pengobatan saraf kejepit¬†atau jika tidak ingin mengeluarkan biaya yang banyak, Anda cukup memperhatikan aktivitas Anda dan tidur dengan posisi yang benar.

 

Simak video berikut bagaimana masalah yang terjadi dengan leher kaku dan cara pengobatan PAZ

Ada banyak sekali bahaya yang mengancam Kalian saat terkena leher kaku. Jadi sudah seharusnya Kalian menjaga kesehatan leher kalian.

Bagi yang berminat untuk datang ke klinik PAZ silahkan klik disini. Pilih klinik yang terdekat dan sesuai dengan lokasi anda.

Pelatihan PAZ juga tersedia bagi yang ingin mengikuti pelatihannya. Silahkan mendaftar dan pilih pelatihan yang paling dekat dengan lokasi anda tinggal.

Sudah tahu kan apa saja penyebab kaku leher saat bangun dari tidur? Sebaiknya mulai sekarang jagalah kesehatan Anda dan leher Anda agar terhindar dari masalah seperti ini.

Ada yang Ditanyakan? Atau Paling Tidak, Apa Inspirasi yang Didapat?

Your email address will not be published. Required fields are marked *